Blogilicious Day 1 Report

Blogilicious Day 1 Report


Sebenarnya aku lagi malas ngepost, tadi lagi asik main Dragon Nest SEA, asik DC-DC (disconnected) aja, jadinya aku ngepost ajalah daripada suntuk, haha.
Beberapa minggu yang lalu, Minoru ngajak aku dan Batercus untuk datang ke acara Blogilicious 2012 yang kebetulan juga diadakan di Medan.
Ntah kenapa pada saat itu Rifatila bersemangat sekali untuk ikut.
Ya, jadinya aku daftar ke acara itu.

Photo by Minoru

Well, bulan berganti mentari, hari-hari pun berlalu.
Saat malam sehari sebelum acara, aku malah sibuk main Dragon Nest (kalau dibilang DN jadinya mirip Dueling Network) sampe jam 5 pagi. -___-
Mataku gak kuat melek lagi, akhirnya aku pun tertidur dan bangun jam 10, hahaha.
Bangun jam 10, bukannya langsung pergi, tapi malah leveling lagi.
Akhirnya sekitar jam 1 siang, setelah banyak berdebat dengan Rifatila, aku pun memutuskan untuk pergi ke sana.

Daaaan, perjalanan pun dimulai.
Tuturu~

Cuma satu setengah pembicara yang aku dengar, soalnya begitu aku tiba pas di saat pembicara pertama (setelah jam makan siang) menyampaikan materinya.
Aku kurang dengarin pas di situ.
Pembicara keduanya Pak Fikry Fatullah.
Beliau memberikan 5 tips yang katanya sebenarnya ada 6 tentang blogging kepada kami.

Kurang lebih isi tipsnya seperti ini:

1. Kenali pembaca Anda

Gak mungkin suatu post itu dapat menyenangkan semua orang. Jadi kita harus menentukan target pembaca posting kita itu seperti apa.
Gambarkan Empathy Map-nya.

Empathy Map, comot dari google.

"Pikirkan satu orang yang bakal jadi pembaca blog Anda, cukup satu orang aja."

Yup, nama yang langsung terlintas dalam benak aku adalah Rifatila.
Muhahaha.

2. Tujuan dan Hasil

Tujuan itu harus SAJEN.
S = Sederhana
A = Aktual (bisa diaplikasikan saat ini)
J = Jelas
E = Enggak lama-lama (memiliki deadline)
N = Nilai yang terukur (ada progressnya)

Oke, mari kita lirik lagi blog aku ini.

Sederhana = Ya, tujuan blog ini awalnya tutorial Corel Draw, tapi aku ganti jadi mengenalkan Rifatila kepada dunia (gak sederhana kayaknya ya, haha).

Aktual = Hmm, sekarang juga aku masih berbicara dengan Rifatila.

Jelas = Aku pengen orang-orang mengenal Rifatila hingga mereka merasa Rifatila itu benar-benar ada. :D

Enggak lama-lama = Hmm, sampe kapan ya? Mungkin selama aku hidup? Tapi kalo usia blog ini mungkin sampe sekitar aku umur 35 atau 40, jadi 15-20 tahun lagi kira-kira nanti Rifatila harus udah terkenal. :3

Nilai yang terukur = Progress yang ada sampe saat ini ya masih sekitar teman-teman aku ajalah, toh cuma seputar mereka aja yang baca (itu pun kalau baca, haha)

3. Content dan Context

Context itu hal membuat orang mau datang untuk membaca.

Content itu hal yang membuat orang untuk datang lagi.

Hmm, yang context bisa diatur, content ini yang susah, soalnya isinya juga cerita-cerita tentang aku dan Rifatila, target pembacanya Rifatila itu sendiri. Mungkin nanti gaya bahasanya bakal aku ganti, jadi target pembaca blog ini kawannya Rifatila, ntah siapa lah itu.
Umurnya sekitar 18-20 tahun.
Pekerjaannya pelajar, jenis kelaminnya bebas.
Bisa cowok bisa cewek, toh target pembacanya juga boleh dua orang.

4. Milik Anda Sendiri

Katanya, brand itu:
Harus original.
Jangan tiru buatan orang.
Dan gak boleh alay.

Hmm, walaupun agak mirip beberapa unsur karena agak pasaran, kurasa punyaku tetap original. :D
http://luthvirtue.blogspot.com/2011/04/hingga-saat-ini-sudah-ada-tiga-logo.html
Apalagi yang versi Neo.
:3

5. Tekun

Apapun ceritanya, tekun adalah hal yang paling penting.
Yup, aku harus lebih tekun lagi, kalau enggak semua ini hasilnya gak bakal optimal.


Nah, itu tadi yang aku catat selama dengarin, jarang-jarang aku mau kayak gini haha.
Ada juga beberapa event tadi dari USeeTV dan Telkom.
Ada makan siang (cuma aku gak minta karena mau langsung ikut seminar), coffee break (kue-kuenya enak =9), ama games disuruh dance Gangnam Style.
Sebelum pulang tadi juga dibagiin kaos dan besok juga harus pake kaos itu.

Hmmm, semakin menarik aja sepertinya.
Semoga besok Minoru bawa cameranya, soalnya camera aku udah makin parah aja. -_-"
Tapi coba bawa ajalah besok, mana tau mendadak bagus, haha.

Oke, itu aja dulu untuk hari ini.
Pokoknya aku enggak rugi udah ngeskip turney vanguard hari ini.
Terasa kok enaknya. :3
Besok juga ada workshop, ntah kenapa Rifatila bersemangat kali, jadinya aku ikut-ikutan semangat, hahaha.

See ya~

Comments

Popular posts from this blog

Boardwalk Empire 2ª Temporada S02E01 HDTV

Board Game Giveaways!

brengos13 linux